PENGAMATAN PELAYANAN PDAM CABANG NGUNUT TERHADAP PENGUNJUNG DARI SEGI STRATIFIKASI SOSIAL
Dalam kehidupan
bermasyarakat ada beberapa lapisan atau golongan , dimana itu semua terjadi
akibat adanya suatu pengharagaan masyarakat terhadap sesuatu, apabila suatu
masyarakat itu lebih mengharagai harta benda atau kekayaan maka masyarakat yang
mempunyai kekayaan paling tinggi akan menempati posisi paling tinggi, begitu
sebaliknya. Inilah yang disebut sebagai stratifikasi sosial yakni perbedaan
individu atau kelompok dalam masyarakat yang menempatkan seseorang pada
kelas-kelas sosial sosial yang berbeda-beda secara hierarki dan memberikan hak
serta kewajiban yang berbeda-beda pula antara individu pada suatu lapisan
sosial lainnya.
Para ahli
sosiologi mempunyai pendapat sendri sendiri tentang stratifikasi sosial
diantaranya :
1.
Pitirim
Sorokin, stratifikasi adalah pembedaan penduduk atau masyarakat kedalam kelas –
kelas secara bertingkat, yang diwujudkan dalam kelas tinggi, kelas sedang dan
kelas rendah.
2.
Max
Weber menganggap sebagai penggolongan orang-orang yang termasuk dalam suatu
sistem sosial tertentu ke dalam lapisan-lapisan hirarkis menurut dimensi
kekuasaan, privilese dan prestise.
3.
Soerjono
Soekanto, stratifikasi sosial adalah pembedaan posisi seseorang atau kelompok
dalam kedudukan berbeda-beda secara vertikal. Biasanya stratifikasi didasarkan
pada kedudukan yang diperoleh melalui serangkain usaha perjuangan.
Adanya strtifikasi sosial ini terbentuk dari beberapa faktor yakni:
kekayaan, kekuasaan dan wewenang, kehormatan dan ilmu pengetahuan. Semua faktor
tersebut dijadikan tolak ukur terhadap lapisan ataupun golongan golongan yang
ada dimasyarakat. Semakin banyak sesorang memiliki kekuasaan, semakin tinggi
pula kedudukannya, semakin besar kekuasaan seseorang makasemakin tinggi
keddudkannya, begitu juga sebaliknya Begitu eratnya masyarakat dari yang
namanya stratifikasi sosial, maka dalam suatu perkara atu kejadian tertentu
secara spontan masyarakat akan memiliki cara pandang yang berbeda terhadap satu
dengan yang lainnya, terkadang seseorang akan kurang mengharagai orang yang
memiliki stratifikasi sosial dibawahnya, begitu juga sebaliknya. Terlepas dari
itu semua maka, bukan tak mungkin dalam suatu lembaga masyarakat akan
memberikan pelayanan yang mungkin saja berbada apabila mereka menemukan
pelanggan yang memiliki stratifikasi sosial yang tinggi dalam suatu mayarakat,
terkadang sebuah lembaga sosial akan memeberikan pelayanan yang berbeda
terhadap seseorang yang memiliki kedudukan tinggi, sebagai contoh sutu lembaga
bisa jadi akan memeberikan pelayanan yang lebih terhadap seorang Pemimpin misalnya,
dari pada seorang rakyat jelata. Memang tidak semua lembaga mayarakat yang ada
tidak semuanya memebeda bedakan pelayana yang mereka berikan terhadap
pelanggan.
Dalam artikel ini saya akan membagikan hasil pengamatan saya di
PDAM Cabang Ngunut, yang terletak di Jl. Raya Pulosari, Ngunut, Kabupaten
Tulungagung, Jawa Timur 66292. PDAM atau Perusahaan Daerah Air Minum merupakan
salah satu unit usaha milik daerah, yang yang bergerak dalam distribusi air
bersih bagi masyarakat umum. PDAM terdapat di setiap provinsi, kabupaten, dan
kotamadya di seluruh Indonesia. PDAM merupakan perusahaan daerah sebagai sarana
penyedia air bersih yang diawasi dan dimonitor oleh aparataparat eksekutif
maupun legislatif daerah. PDAM ini bertugas untuk menyelenggarakan pengelolaan
air minum untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat yang mencakup aspek
sosial, kesejahteraan dan pelayanan umum.
PDAM yang dikepalai oleh Endro Widiantoro ini terletak di dekat
PPHM Asrama Putra Sunan Gunung Jati, tepatnya di Jl. Raya Pulosari, Ngunut,
Kabupaten Tulungagung, Jawa Timur 66292 yang mana merupakan cabang dari PDAM Tulungagung.
PDAM Cabang Ngunut ini juga mempunyai visi dan misi yakni :
·
Visi
PDAM
1.
Memberikan
pelayanan yang terbaik bagi masyarakat.
2.
Memproduksi
dan mendistribusikan air minum berstandart kesehatan.
3.
Mengoptimalkan
profesionalisme sumber daya manusia.
4.
Meningkatkan
kinerja perusahaan melalui pengelolaan efisien.
·
Misi
PDAM
1.
Memberikan
pelayanan prima
2.
Memperoleh
keuntungan untuk kelangsungan perusahaan
3.
Memberikan
kontribusi terhadap pendapatan asli daerah
4.
Meningkatkan
SDM yang profesional
5.
Meningkatkan
kesejahteraan pegawai perusahaan
Sedangkan kelengkapan dan fasilitas yang ada di PDAM Cabang Ngunut
ini menurut saya sudah cukup lengkap didukung dengan adanya beberapa mobil
pengangkut air yang digunakan untuk menyuplai air ke suluruh daerah
sekecamatanNgunut.
Dari segi pelayanan menurut saya juga sudah cukup baik, bisa dilihat
dari pelayanan terhadap pengunjung yang sangat ramah, dari segi pengunjung yang
datang apakah dari kalangan atas atau bawah, saya belum bisa menentukannya
apakah banyak dari kalangan atas atau bawah, karena ketika saya berkunjung
kesana saya hanya menemukan 3 orang yang sedang berkunjung kesana untuk
melakukan pembayaran dan jika dilihat dari penampilan dan kendaran yan mereka
kendarai saya hanya bisa menyimpulkan bahwa mereka adalah dari golongan
menengah ke atas.
Ketika saya mewancarai atau lebih tepatnya sekedar mengobrol kecil
dengan salah satu pengunjung, saya menanyakan tentang tanggapan mereka terhadap
adanya PDAM ini dan bagaiman pelayanannya apakah ada tindakan pelayan yang
menunujukkan adanya perbedaan layanan dari segi stratifikasi sosial atau tidak.
Dari hasil obrolan saya dengan salah satu pengunjung itu saya dapat menerima
pernyataan bahwa masyarakat pengguna layanan PDAM Cabang Ngunut ini merasa
sangat terbantu dengan adany PDAM ini, dikarenakan sekarang ini didaerah ngunut
mulai sulit menemukan air bersih yang layak konsumsi, hal ini disebabkan banyak
banyak bangunan pabrik dan ruko ruko dan lain lainya, yang membuat daerah
ngunut menjadi mulai kesulitan mendapat air bersih. Untuk masalah pelayanan,
mereka para pengunjung merasa cukup puas dengan pelayanan yang diberikan oleh
pihak PDAM, karena pelayanannya cepat dan terorganisir dengan baik.
Selanjutnya tenatang apakah ada perlakuan yang istimewa terhadap
pengunjung atau pelanggan yang istilahnya mempunyai tingkat stratifikasi sosial
yang tinggi di masyarakat, jawabannya adalah tidak, karena sistem pelayanan
yang digunakan disini adalah melakukan pelayanan dengan sistem antrian, dimana
bagi pengunjung yang datang lebih awal, itulah yang akan dilayani lebih dahulu,
entah itu dari kalangan atas maupun bawah. Jadi disini tidak ada yang namnya
diskriminasi terhadap pengunjung yang secara setratifkasi sosial memiliki
tingkat menengah bahkan menengah kebawah.
Dari hasil pengamatan saya ini, saya dapat menyimpilkan bahawa PDAM
Cabang Ngunut ini masih memiliki kelayakan yang bagus untuk elayani masyarakat,
karena pihak PDAM masih memeliki kelengkapan yang cukup, dan dari segi pelayananya
juga sudah sangat baik, ini bisa dibuktikan dengan hasil perbincangan saya
dengan salah seorang pengunjung, dimana meraka merasa puas dengan pelayanan
yang telah diberikan oleh pihak PDAM, didukung dengan pelayanan yang cepat dan
terorganisir dengan baik sehingga tidak ada yang namany perlakuan istimewa
terhadap pihak yang istilahnya memiliki strtifikasi yang lebih tinggi di dalam
masyarkat, karena sistem yang diterapkan disini adalah siapa yang datang lebih
awal, ya itulah yang akan dilayani terlebih dahulu, tanpa memandan pengunjung
yang datang lebih awala itu dari kasta menengah keatas maupun menengah kebawah
dan juga tanpa adanya perlakuan yang lebih istimewa dibanding yang memilki
stratifikasi lebih tinggi dalam masyarakat maupun yang memiliki stratifikasi
lebih rendah dalam suatu masyarakat.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar