Selasa, 04 Oktober 2016

PENGAMATAN PELAYANAN PDAM CABANG NGUNUT TERHADAP PENGUNJUNG DARI SEGI STRATIFIKASI SOSIAL

PENGAMATAN PELAYANAN PDAM CABANG NGUNUT TERHADAP PENGUNJUNG  DARI SEGI STRATIFIKASI SOSIAL


            Dalam kehidupan bermasyarakat ada beberapa lapisan atau golongan , dimana itu semua terjadi akibat adanya suatu pengharagaan masyarakat terhadap sesuatu, apabila suatu masyarakat itu lebih mengharagai harta benda atau kekayaan maka masyarakat yang mempunyai kekayaan paling tinggi akan menempati posisi paling tinggi, begitu sebaliknya. Inilah yang disebut sebagai stratifikasi sosial yakni perbedaan individu atau kelompok dalam masyarakat yang menempatkan seseorang pada kelas-kelas sosial sosial yang berbeda-beda secara hierarki dan memberikan hak serta kewajiban yang berbeda-beda pula antara individu pada suatu lapisan sosial lainnya.
            Para ahli sosiologi mempunyai pendapat sendri sendiri tentang stratifikasi sosial diantaranya :
1.      Pitirim Sorokin, stratifikasi adalah pembedaan penduduk atau masyarakat kedalam kelas – kelas secara bertingkat, yang diwujudkan dalam kelas tinggi, kelas sedang dan kelas rendah.
2.      Max Weber menganggap sebagai penggolongan orang-orang yang termasuk dalam suatu sistem sosial tertentu ke dalam lapisan-lapisan hirarkis menurut dimensi kekuasaan, privilese dan prestise.
3.      Soerjono Soekanto, stratifikasi sosial adalah pembedaan posisi seseorang atau kelompok dalam kedudukan berbeda-beda secara vertikal. Biasanya stratifikasi didasarkan pada kedudukan yang diperoleh melalui serangkain usaha perjuangan.
Adanya strtifikasi sosial ini terbentuk dari beberapa faktor yakni: kekayaan, kekuasaan dan wewenang, kehormatan dan ilmu pengetahuan. Semua faktor tersebut dijadikan tolak ukur terhadap lapisan ataupun golongan golongan yang ada dimasyarakat. Semakin banyak sesorang memiliki kekuasaan, semakin tinggi pula kedudukannya, semakin besar kekuasaan seseorang makasemakin tinggi keddudkannya, begitu juga sebaliknya Begitu eratnya masyarakat dari yang namanya stratifikasi sosial, maka dalam suatu perkara atu kejadian tertentu secara spontan masyarakat akan memiliki cara pandang yang berbeda terhadap satu dengan yang lainnya, terkadang seseorang akan kurang mengharagai orang yang memiliki stratifikasi sosial dibawahnya, begitu juga sebaliknya. Terlepas dari itu semua maka, bukan tak mungkin dalam suatu lembaga masyarakat akan memberikan pelayanan yang mungkin saja berbada apabila mereka menemukan pelanggan yang memiliki stratifikasi sosial yang tinggi dalam suatu mayarakat, terkadang sebuah lembaga sosial akan memeberikan pelayanan yang berbeda terhadap seseorang yang memiliki kedudukan tinggi, sebagai contoh sutu lembaga bisa jadi akan memeberikan pelayanan yang lebih terhadap seorang Pemimpin misalnya, dari pada seorang rakyat jelata. Memang tidak semua lembaga mayarakat yang ada tidak semuanya memebeda bedakan pelayana yang mereka berikan terhadap pelanggan.
Dalam artikel ini saya akan membagikan hasil pengamatan saya di PDAM Cabang Ngunut, yang terletak di Jl. Raya Pulosari, Ngunut, Kabupaten Tulungagung, Jawa Timur 66292. PDAM atau Perusahaan Daerah Air Minum merupakan salah satu unit usaha milik daerah, yang yang bergerak dalam distribusi air bersih bagi masyarakat umum. PDAM terdapat di setiap provinsi, kabupaten, dan kotamadya di seluruh Indonesia. PDAM merupakan perusahaan daerah sebagai sarana penyedia air bersih yang diawasi dan dimonitor oleh aparataparat eksekutif maupun legislatif daerah. PDAM ini bertugas untuk menyelenggarakan pengelolaan air minum untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat yang mencakup aspek sosial, kesejahteraan dan pelayanan umum.
PDAM yang dikepalai oleh Endro Widiantoro ini terletak di dekat PPHM Asrama Putra Sunan Gunung Jati, tepatnya di Jl. Raya Pulosari, Ngunut, Kabupaten Tulungagung, Jawa Timur 66292 yang mana merupakan cabang dari PDAM Tulungagung. PDAM Cabang Ngunut ini juga mempunyai visi dan misi yakni :

·         Visi PDAM
1.      Memberikan pelayanan yang terbaik bagi masyarakat.
2.      Memproduksi dan mendistribusikan air minum berstandart kesehatan.
3.      Mengoptimalkan profesionalisme sumber daya manusia.
4.      Meningkatkan kinerja perusahaan melalui pengelolaan efisien.
·         Misi PDAM
1.      Memberikan pelayanan prima
2.      Memperoleh keuntungan untuk kelangsungan perusahaan
3.      Memberikan kontribusi terhadap pendapatan asli daerah
4.      Meningkatkan SDM yang profesional
5.      Meningkatkan kesejahteraan pegawai perusahaan
Sedangkan kelengkapan dan fasilitas yang ada di PDAM Cabang Ngunut ini menurut saya sudah cukup lengkap didukung dengan adanya beberapa mobil pengangkut air yang digunakan untuk menyuplai air ke suluruh daerah sekecamatanNgunut.
Dari segi pelayanan menurut saya juga sudah cukup baik, bisa dilihat dari pelayanan terhadap pengunjung yang sangat ramah, dari segi pengunjung yang datang apakah dari kalangan atas atau bawah, saya belum bisa menentukannya apakah banyak dari kalangan atas atau bawah, karena ketika saya berkunjung kesana saya hanya menemukan 3 orang yang sedang berkunjung kesana untuk melakukan pembayaran dan jika dilihat dari penampilan dan kendaran yan mereka kendarai saya hanya bisa menyimpulkan bahwa mereka adalah dari golongan menengah ke atas.
Ketika saya mewancarai atau lebih tepatnya sekedar mengobrol kecil dengan salah satu pengunjung, saya menanyakan tentang tanggapan mereka terhadap adanya PDAM ini dan bagaiman pelayanannya apakah ada tindakan pelayan yang menunujukkan adanya perbedaan layanan dari segi stratifikasi sosial atau tidak. Dari hasil obrolan saya dengan salah satu pengunjung itu saya dapat menerima pernyataan bahwa masyarakat pengguna layanan PDAM Cabang Ngunut ini merasa sangat terbantu dengan adany PDAM ini, dikarenakan sekarang ini didaerah ngunut mulai sulit menemukan air bersih yang layak konsumsi, hal ini disebabkan banyak banyak bangunan pabrik dan ruko ruko dan lain lainya, yang membuat daerah ngunut menjadi mulai kesulitan mendapat air bersih. Untuk masalah pelayanan, mereka para pengunjung merasa cukup puas dengan pelayanan yang diberikan oleh pihak PDAM, karena pelayanannya cepat dan terorganisir dengan baik.
Selanjutnya tenatang apakah ada perlakuan yang istimewa terhadap pengunjung atau pelanggan yang istilahnya mempunyai tingkat stratifikasi sosial yang tinggi di masyarakat, jawabannya adalah tidak, karena sistem pelayanan yang digunakan disini adalah melakukan pelayanan dengan sistem antrian, dimana bagi pengunjung yang datang lebih awal, itulah yang akan dilayani lebih dahulu, entah itu dari kalangan atas maupun bawah. Jadi disini tidak ada yang namnya diskriminasi terhadap pengunjung yang secara setratifkasi sosial memiliki tingkat menengah bahkan menengah kebawah.
Dari hasil pengamatan saya ini, saya dapat menyimpilkan bahawa PDAM Cabang Ngunut ini masih memiliki kelayakan yang bagus untuk elayani masyarakat, karena pihak PDAM masih memeliki kelengkapan yang cukup, dan dari segi pelayananya juga sudah sangat baik, ini bisa dibuktikan dengan hasil perbincangan saya dengan salah seorang pengunjung, dimana meraka merasa puas dengan pelayanan yang telah diberikan oleh pihak PDAM, didukung dengan pelayanan yang cepat dan terorganisir dengan baik sehingga tidak ada yang namany perlakuan istimewa terhadap pihak yang istilahnya memiliki strtifikasi yang lebih tinggi di dalam masyarkat, karena sistem yang diterapkan disini adalah siapa yang datang lebih awal, ya itulah yang akan dilayani terlebih dahulu, tanpa memandan pengunjung yang datang lebih awala itu dari kasta menengah keatas maupun menengah kebawah dan juga tanpa adanya perlakuan yang lebih istimewa dibanding yang memilki stratifikasi lebih tinggi dalam masyarakat maupun yang memiliki stratifikasi lebih rendah dalam suatu masyarakat.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar